Sagala, Theopilia Heronova (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 4133321032 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM 4133321032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3.NIM 4133321032 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4. NIM 4133321032 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
5.NIM 4133321032 PREFACE .pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM 4133321032 TABLE O CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7.NIM 4133321032 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8.NIM 4133321032 TABLES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM 4133321032 APENDIKS.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
10.NIM 4133321032 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
14. NIM 4133321032 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM 4133321031 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan yang terdiri dari 14 kelas. Pengambilan sampel teknik class random sampling, yaitu Kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol, dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes keterampilan proses sains dalam bentuk pilihan essay sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan instrumen yang kedua adalah lembar kegiataan peserta didik pada pembelajaran dengan penerapan scientific inquiry. Menggunakan instrumen uji t satu pihak.
Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,07 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 38,07. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran scientific inquiry sebesar 79,14 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 72. Begitu juga dengan hasil pengamatan aktivitas belajar siswa yang diamati pada penerapan pembelajaran scientific inquiry mengalami peningkatan. Pada pertemuan I nilai rata – rata aktivitas siswa I adalah 57,27, pertemuan II diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 71,15, dan pertemuan III adalah 83,53,adalah 70,65. Hasil perhitungan uji kesamaan rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol Ha diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa, ada pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Getaran Harmoniskelas X semester II SMA Negeri 2 Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 156 |
Keywords: | QUASI EKSPERIMEN; SCIENTIFIC INQUIRY; KETERAMPILAN PROSES SAINS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 11 Sep 2017 10:43 |
Last Modified: | 12 Sep 2017 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26177 |