PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 MEDAN T.P 2016/2017

Sagala, Theopilia Heronova (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GETARAN HARMONIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.NIM 4133321032 COVER.pdf]
Preview
Text
1.NIM 4133321032 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4133321032 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4133321032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 4133321032 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
3.NIM 4133321032 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4133321032 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4133321032 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 4133321032  PREFACE .pdf]
Preview
Text
5.NIM 4133321032 PREFACE .pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4133321032 TABLE O CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4133321032 TABLE O CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 7.NIM 4133321032 ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7.NIM 4133321032 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8.NIM 4133321032  TABLES.pdf]
Preview
Text
8.NIM 4133321032 TABLES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4133321032 APENDIKS.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4133321032 APENDIKS.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 10.NIM 4133321032 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
10.NIM 4133321032 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4133321032 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4133321032 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4133321031 BIBLIOGRAFI.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4133321031 BIBLIOGRAFI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Medan yang terdiri dari 14 kelas. Pengambilan sampel teknik class random sampling, yaitu Kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran scientific inquiry dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol, dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes keterampilan proses sains dalam bentuk pilihan essay sebanyak 10 soal yang telah dinyatakan valid dan instrumen yang kedua adalah lembar kegiataan peserta didik pada pembelajaran dengan penerapan scientific inquiry. Menggunakan instrumen uji t satu pihak.
Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 40,07 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 38,07. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas dengan pembelajaran scientific inquiry sebesar 79,14 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes siswa 72. Begitu juga dengan hasil pengamatan aktivitas belajar siswa yang diamati pada penerapan pembelajaran scientific inquiry mengalami peningkatan. Pada pertemuan I nilai rata – rata aktivitas siswa I adalah 57,27, pertemuan II diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa sebesar 71,15, dan pertemuan III adalah 83,53,adalah 70,65. Hasil perhitungan uji kesamaan rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol Ha diterima sehingga diperoleh kesimpulan bahwa, ada pengaruh model pembelajaran scientific inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Getaran Harmoniskelas X semester II SMA Negeri 2 Medan T.P. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 156
Keywords: QUASI EKSPERIMEN; SCIENTIFIC INQUIRY; KETERAMPILAN PROSES SAINS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Sep 2017 10:43
Last Modified: 12 Sep 2017 02:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26177

Actions (login required)

View Item
View Item