Sitompul, Martinus (2017) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS X DI SMK HARAPAN MEKAR II MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7103141081 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 7103141081 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM. 7103141081 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
4. NIM. 7103141081 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
5. NIM. 7103141081 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. NIM. 7103141081 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 7103141081 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7103141081 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7103141081 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
13. NIM. 7103141081 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 7103141081 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah ada Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Kelas X SMK Swasta Harapan Mekar II Medan Tahun Ajaran 2016/2017”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Kelas X SMK Swasta Harapan Mekar II Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Harapan Mekar II Medan yang berlokasi di Jln. Marelan Raya No. 77 Medan dan dilaksanakan pada Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Harapan Mekar II yang berjumlah 105 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 83 orang yang diambil secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, dokumentasi dan angket.
Analisis yang diperoleh untuk Pengaruh fasilitas belajar (X1) terhadap hasil belajar kewirausahaan (Y) diperoleh r_hitung>r_tabel (2,368>1,672) dan hasil yang diperoleh untuk pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar kewirausahaan (Y), diperoleh r_hitung>r_tabel (2,059>1,672). Dalam perhitungan korelasi ganda diperoleh r_hitung>r_tabel (0,237>0.219). Untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan rumus uji t dengan taraf signifikan 95% dan alpha 5%. Hasil yang diperoleh t_hitung>t_tabel (2,368>1,667), yang berarti hipotesis diterima yaitu ada pengaruh fasilitas belajar (X1) terhadap hasil belajar kewirausahaan (Y) dan t_hitung>t_tabel (1,937>1,667) yang berarti hipotesis diterima yaitu ada pengaruh motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar kewirausahaan (Y). Untuk menguji hipotesis secara simultan digunakan rumus uji F. Hasil yang diperoleh adalah F_hitung>F_tabel (55,299>3,11) yang berarti hipotesis diterima yaitu ada pengaruh fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap hasil belajar kewirausahaan (Y).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X SMK Swasta Harapan Mekar II T.A. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 037 |
Keywords: | FASILITAS BELAJAR; MOTIVASI BELAJAR; HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 16:24 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26158 |