Saragih, Aditya Mewandi (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MODELLING THE WAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR DASAR DI KELAS X SMK YP. DHARMA KARYA BERINGIN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5123121001 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 5123121001 APRROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM. 5123121001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. NIM. 5123121001 PREPACE.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM. 5123121001 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
6. NIM. 5123121001 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. NIM. 5123121001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM. 5123121001 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
9. NIM. 5123121001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
13. NIM. 5123121001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
14. NIM. 5123121001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menggunakan alat ukur dasar di kelas X SMK YP. Dharma Karya Beringin dengan menerapkan Model Pembelajaran Modelling The Way. Dalam pelaksanaan tindakan guru dibantu oleh seorang pengamat sebagai observer. Strategi ini mempunyai empat tahapan, yaitu tahap: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi yang dari dua siklus. Hasil evaluasi siklus I dengan nilai tertinggi 90, serta nilai terendah 50. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas yaitu 17 orang dan ketuntasan 68% dengan jumlah siswa 25 orang. Pada siklus II nilai tertinggi 95, nilai terendah 70. Sedangkan jumlah siswa yang tuntas yaitu 22 orang dan ketuntasan 88%. Dan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-ratanya adalah 3,08 persenan aktivitas yang dicapai adalah 77,08%, pada siklus II nilai rata-rata aktivitas siswa adalah 3,5 dengan persen aktivitas yang dicapai adalah 87,5%. Melalui penelitian ini terbukti bahwa Model Pembelajaran Modelling The Way telah meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, pembelajaran pada mata pelajaran Menggunakan Alat Ukur Dasar dengan menggunakan Model Pembelajaran Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X SMK YP. Dharma Karya Beringin Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MSN 057 |
Keywords: | Hakikat belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran; Modelling the way |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 10:00 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 04:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26118 |