Aminah, Tria (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMSTER II SMA DHARMAWANGSA MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4131121043 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2 NIM 4131121043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
3 NIM 4131121043 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4 NIM 4131121043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5 NIM 4131121043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6 NIM 4131121043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7 NIM 4131121043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
8 NIM 4131121043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
9 NIM 4131121043 BAB I.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
13 NIM 4131121043 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14 NIM 4131121043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantuan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II di SMA Dharmawangsa Medan T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharmawangsa Medan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X MIA-5 dengan 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA-4 dengan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan animasi dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes essay dengan jumlah soal 8 item yang telah divalidkan oleh validator. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 24,46 dan nilai nilai rata-rata kelas kontrol adalah 24,13. Setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen adalah 68,9 dan kelas kontrol adalah 53,76. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 7,52 sedangkan ttabel = 2,002. Karena thitung > ttabel (7,52 > 2,002) maka Ha diterima. Dengan menggunakan uji t diperoleh maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran inquiry training berbantuan animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Dharmawangsa Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 125 |
Keywords: | Quasi eksperimen; Model pembelajaran inquiry training; Konvensional; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 10:00 |
Last Modified: | 11 Sep 2017 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26117 |