Tobing, Fina Lumban (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 LAGUBOTI T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132141006 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 4132141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
3. NIM. 4132141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. NIM. 4132141006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 4132141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
6. NIM. 4132141006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
7. NIM. 4132141006 TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM. 4132141006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM. 4132141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
13. NIM. 4132141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM. 4132141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA N 1 Laguboti T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 1 Laguboti, Sedangkan sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu XI IPA-2 dan XI IPA-3 yang diambil secara random. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes objektif 30 soal dari 40 soal yang telah diuji validitasnya, dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa.
Data aktivitas belajar siswa yang diajar dengan metode ceramah memiliki rata-rata 69 dengan kriteria cukup aktif, sedangkan aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe group investigation memiliki rata-rata 87 dengan kriteria sangat aktif. Data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan homogenitas, diperoleh bahwa nilai posttest berdistribusi normal dan berasal dari populasi yang homogen. Maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan 0,05. Rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol adalah 72, sedangkan kelas eksperimen adalah 82. Dari hasil uji t diperoleh hasil belajar thitung 4.263 > ttabel 1,992 sehingga Ho ditolak dan Ha di terima. Maka dengan demikian ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi system pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA N 1 Laguboti T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BIO 060 |
Keywords: | Hasil belajar; Aktivitas belajar; Model pembelajaran group investigation (GI) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 09:59 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 03:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26102 |