Tambunan, Ratna elisa (2017) PENGARUH KELENGKAPAN SARANA PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 3 PANGARIBUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 3133311027 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 3133311027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
3. NIM 3133311027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4 NIM 3133311027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM. 3133311027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 3133311027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM 3133311027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
8. NIM 3133311027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. NIM 3133311027 BAB I.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
13. NIM 3133311027 BAB V.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
14. NIM 3133311027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian merupakan suatu hal yang sangat penting sebab dalam bertindak
atau melakukan suatu kegiatan harus disertai dengan tujuan pelaksanaan kegiatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan sarana perpustakaan
terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 3 Pangaribuan
Tahun Ajaran 2016/2017. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Medan. Adapun
alat pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode Penelitian Deskriptif
Kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan cara observasi langsung, tes hasil belajar, dan angket dengan 20 item.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Pangaribuan Tahun Pelajaran 2016/2017
dengan populasi yang berjumlah 98 orang seluruh siswa kelas IX di SMP Negeri 3
Pangaribuan. Sampel penelitian ditentukan sebesar 98 orang. dingunakan rumus
statistik Korelasi Product Moment Perason. Dari hasil perhitungan dapat diketahui
bahwa r ℎ 0,702, sedangkan > , 0,702 > 0,198 rtinya
ada hubungan yang signifikan antara sarana perpustakaan terhadap hasil belajar
siswa. Berdasarkan hasil perhitungan besaran dapat dilihat bahwa besaran hitung
bahwa besaran 1,985 (9,61 > 1,985), pada taraf signifikan 5%
yang artinya Hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima menyatakan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara pengaruh kelengkapan sarana perpustakaan terhadap
hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 023 |
Keywords: | Pengaruh, Sarana Perpustakaan, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 11:58 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26092 |