Atsari, Annisa (2017) PERAN GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI KELAS X SMA HANG TUAH BELAWAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133311024 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM. 3133311024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 3133311024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
4. NIM. 3133311024 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
5. NIM. 3133311024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. NIM. 3133311024 TABLES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7. NIM. 3133311024 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM. 3133311024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
12. NIM. 3133311024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. NIM. 3133311024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktual mengenai peran guru PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di kelas X SMA Hang Tuah Belawan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis metode deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan fenomena dari suatu keadaan melalui perhitungan persentase dengan rumus statistik sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Hang Tuah Belawan yang berjumlah 259 siswa, terdiri dari 6 kelas. Oleh karena itu, peneliti menggunakan sampel adalah 20% dari jumlah populasi sebanyak 1 (satu) kelas yaitu kelas X MIA-2 yang berjumlah 48 orang, yang ditetapkan dengan (total sampling). Yang menjadi variabel penelitian ini adalah peran guru PKn dalam meningkatkan kedisplinan siswa di SMA Hang Tuah Belawan dengan menggunakan variabel tunggal. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah bahwa dalam meningkatkan kedisiplinan siswa sebaiknya dengan cara pengawasan, mengubah pola fikir siswa dari yang tidak baik menjadi lebih baik lagi, serta menumbuhkan sikap rajin belajar siswa dikelas baik didalam maupun diluar jam pelajaran. Adapun usaha-usaha yang dilakukan guru PKn terhadap kedisiplinan siswa terutama dalam kegiatan belajar mengajar sehingga dapat diperhatikan oleh siswa seperti memberikan motivasi dan nasehat-nasehat didalam kelas dan juga dalam lingkungan sekolah, memberikan sanksi kepada siswa yang melanggar peraturan sekolah, menanamkan sifat kesadaran berdisiplin dalam diri siswa, serta mengadakan berbagai kegiatan penunjang upaya meningkatkan kedisiplinan siswa dengan cara mengadakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sehingga siswa dapat bersikap disiplin dan terciptanya susasana belajar yang tertib dan kondusif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 026 |
Keywords: | Peran, Guru, Kedisiplinan Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 11:56 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26090 |