PERAN GURU PKN DALAM MEWUJUDKAN CIVIL SOCIETY SISWA KELAS XI SMA TELADAN PEMATANG SIANTAR MELALUI PARADIGMA BARU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Purba, Eliana (2017) PERAN GURU PKN DALAM MEWUJUDKAN CIVIL SOCIETY SISWA KELAS XI SMA TELADAN PEMATANG SIANTAR MELALUI PARADIGMA BARU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 3133311003 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 3133311003 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. 3133311003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 3133311003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 3. 3133311003 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 3133311003 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 4. 3133311003 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 3133311003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 5. 3133311003 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 3133311003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. 3133311003 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 3133311003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 7. 3133311003 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 3133311003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. 3133311003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 3133311003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9. 3133311003 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 3133311003 BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 13. 3133311003 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 3133311003 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 14. 3133311003 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 3133311003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan
Kewarganegaraan dalam mewujudkan civil societysiswa kelas XI di SMA
Teladan melalui paradigma baru pendidikan kewarganegaraan. Adapun yang
menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA
Teladan Pematangsiantar dan Guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
di SMA Teladan Pematangsiantar. Sedangkan yang menjadi sampel dalam
penelitian terdiri dari dua yaitu satu orang Guru PKn SMA Teladan
Pematangsiantar dan siswa kelas XI SMA Teladan berjumlah 189 orang diambil
secara random sampling(acak sederhana) dari seluruh kelas XI yaitu 38 siswa
dengan mengambil 20% dari jumlah populasi.Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode
penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi teknik analisis data yaitu
dengan menggunakan rumus persentasi. Adapun hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini menunjukkan bahwa guru cukup berperan dalam mewujudkan civil
society siswa kelas IX SMA Teladan Pematang siantar melalui paradigma baru
pendidikan kewarganegaraan adalah 74,6%. Dalam mewujudkan civil
societymelalui pendidikan khususnya pendidikan kewarganegaraan, guru harus
mampu melaksanakan perananya melaui kompetensi yang dimiliki
sertadikembangkan oleh guru PKn dalam proses belajar dan mengajar. Tiga
komponen kewarganegaraan yaitu dengan mengembangkan civic knowladge, civic
skills, civic dispotition. Dengan hal tersebut, maka terwujudlah civil
societyditunjukan melalui keadaan warga negaranya yang mandiri, siswa yang
merupakan warga negara akan mampu bersaing serta mengetahui sejauh mana hak
serta kewajibannya sebagai warga negara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PKN 032
Keywords: PERAN, GURU PKn, CIVIL SOCIETY, PARADIGMA BARU PKn
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2350 Large industry. Factory system. Big business > HD2951 Cooperation. Cooperative societies
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Sep 2017 11:50
Last Modified: 07 Sep 2017 07:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26085

Actions (login required)

View Item
View Item