Purba, Eliana (2017) PERAN GURU PKN DALAM MEWUJUDKAN CIVIL SOCIETY SISWA KELAS XI SMA TELADAN PEMATANG SIANTAR MELALUI PARADIGMA BARU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 3133311003 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. 3133311003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
3. 3133311003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4. 3133311003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
5. 3133311003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. 3133311003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. 3133311003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8. 3133311003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9. 3133311003 BAB I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
13. 3133311003 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14. 3133311003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan
Kewarganegaraan dalam mewujudkan civil societysiswa kelas XI di SMA
Teladan melalui paradigma baru pendidikan kewarganegaraan. Adapun yang
menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA
Teladan Pematangsiantar dan Guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
di SMA Teladan Pematangsiantar. Sedangkan yang menjadi sampel dalam
penelitian terdiri dari dua yaitu satu orang Guru PKn SMA Teladan
Pematangsiantar dan siswa kelas XI SMA Teladan berjumlah 189 orang diambil
secara random sampling(acak sederhana) dari seluruh kelas XI yaitu 38 siswa
dengan mengambil 20% dari jumlah populasi.Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode
penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun yang menjadi teknik analisis data yaitu
dengan menggunakan rumus persentasi. Adapun hasil yang diperoleh dalam
penelitian ini menunjukkan bahwa guru cukup berperan dalam mewujudkan civil
society siswa kelas IX SMA Teladan Pematang siantar melalui paradigma baru
pendidikan kewarganegaraan adalah 74,6%. Dalam mewujudkan civil
societymelalui pendidikan khususnya pendidikan kewarganegaraan, guru harus
mampu melaksanakan perananya melaui kompetensi yang dimiliki
sertadikembangkan oleh guru PKn dalam proses belajar dan mengajar. Tiga
komponen kewarganegaraan yaitu dengan mengembangkan civic knowladge, civic
skills, civic dispotition. Dengan hal tersebut, maka terwujudlah civil
societyditunjukan melalui keadaan warga negaranya yang mandiri, siswa yang
merupakan warga negara akan mampu bersaing serta mengetahui sejauh mana hak
serta kewajibannya sebagai warga negara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 032 |
Keywords: | PERAN, GURU PKn, CIVIL SOCIETY, PARADIGMA BARU PKn |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2350 Large industry. Factory system. Big business > HD2951 Cooperation. Cooperative societies L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 11:50 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26085 |