Siagian, Noventri Asimaniansi (2017) PERAN GURU PKN DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SMP DAYA CIPTA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3133111035 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 3133111035 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
3. NIM. 3133111035 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
4. NIM. 3133111035 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 3133111035 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6. NIM. 3133111035 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 3133111035 BAGAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 3133111035 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 3133111035 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
13. NIM. 3133111035 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 3133111035 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PKn dalam membentuk karakter siswa di SMP Daya Cipta Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMP Daya Cipta Medan yang beralamat di Jalan Mistar No. 17 A, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif sederhana, yaitu suatu cara atau metode yang menggambarkan fakta-fakta yang apa adanya dan berdasarkan penelitian di lapangan. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi secara langsung ke SMP Daya Cipta Medan, menyebarkan angket, dan melakukan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa di SMP Daya Cipta Medan yang berjumlah 171 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan sebanyak 43 orang dengan mengambil 25% dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Maka untuk mengolah data yang diperoleh penulis menggunakan tabel frekuensi dengan rumus statistik sederhana.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu guru PKn sudah berperan dengan baik dalam membentuk karakter siswa. Dari hasil perhitungan tabel frekuensi penelitian ini menunjukkan bahwa 80,23% peran guru PKn yang berarti guru PKn sudah berperan dengan baik dalam membentuk karakter siswa di SMP Daya Cipta Medan. Nilai-nilai karakter yang harus dibentuk guru PKn pada siswa yaitu nilai religius, kejujuran, tanggungjawab, disiplin, kerja keras, berfikir kritis, kreatif dan inovatif, mandiri, rasa ingin tahu, cinta ilmu, toleransi, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai keberagaman, peduli lingkungan, serta peduli sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PKN 035 |
Keywords: | peran guru; Pendidikan Kewarganegaraan; dan karakter |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 11:48 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26082 |