Nurhakiki (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA YANG MEMPEROLEH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TEAMS GAMES TOGETHER (TGT) BERBANTUAN GEOGEBRA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133311040 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4133311040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
3. NIM 4133311040 CURRICULUM VITAE.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM 4133311040 ABSTACT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
5. NIM 4133311040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
6. NIM 4133311040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7. NIM 4133311040 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 4133311040 TABELS.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 4133311040 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
10. NIM 4133311040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
14. NIM 4133311040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
15. NIM 4133311040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 3 Medan ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematik siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement
Division (STAD) berbantuan GeoGebra dan model pembelajaran kooperatif tipe
Teams Games Tournament (TGT) berbantuan GeoGebra di kelas VII T.A
2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP
Muhammadiyah 3 Medan T.A 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas. Sedangkan
yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VII-B yang
berjumlah 27 orang yang memperoleh pembelajaran koooperatif tipe STAD
sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII-A yang berjumlah 24 orang yang
memperoleh pembelajaran koooperatif tipe TGT sebagai kelas eksperimen II.
Penentuan sampel dilakukan secara acak. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah tes berbentuk uraian sebanyak 5 soal yang telah dinyatakan
valid. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan
bahwa kemampuan penalaran matematik siswa yang memperoleh pembelajaran
koooperatif tipe STAD berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang
memperoleh pembelajaran koooperatif tipe TGT berbantuan GeoGebra pada
materi jajargenjang dan belah ketupat di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan
T.A 2016/2017, dengan dan pada taraf nyata
α = 0,05 dan dk = 49. Karena yaitu maka
dapat disimpulkan bahwa diterima yang berarti bahwa Kemampuan penalaran
matematik siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe STAD
berbantuan GeoGebra lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh
pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantuan GeoGebra pada materi jajrgenjang
dan belah ketupat di kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Medan. Rata-rata nilai
postes kelas eksperimen I lebih tinggi daripada rata-rata nilai postes kelas
eksperiemen II dengan rata-rata nilai postes kelas eksperimen I yaitu 75,66518519
dengan standar deviasi dan rata-rata nilai postes kelas eksperimen
II yaitu dengan standar deviasi .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 102 |
Keywords: | KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA, STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD), TEAMS GAMES TOGETHER (TGT), GEOGEBRA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 11:46 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 05:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26075 |