Lubis, Melisa (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PENGALAMANKU DI KELAS I SD SWASTA AL-HIDAYAH TERPADU T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1101311001 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. NIM. 1101311001. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
3. 1101311001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. 1101311001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
5. 1101311001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
6. 1101311001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
7. 1101311001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
8. 1101311001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
9. 1101311001 BAB I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
13. 1101311001 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM. 1101311001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Adapun masalah-masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: hasil belajar siswa masih rendah disebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai dan memahami teori serta mengkaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan pendekatan Scientific pada tema Pengalamanku, subtema Pengalaman Bersama Teman di kelas I2 SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan T.A 2016/2017.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan di SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan, dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi siswa dan guru serta test. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas I2 SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan dengan jumlah siswa 27 orang, dengan jumlah murid perempuan sebanyak 20 dan siswa laki-laki 7 orang. Penelitian ini dilakukan melalui 2 siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 18 siswa (66,66%) yang belum tuntas belajar, 9 orang (33,33%) yang tuntas belajar, sikap siswa juga belum terlihat dengan nilai rata-rata 52,80, dan keterampilan awal siswa tidak terlihat dengan nilai rata-rata 50,46. Pada siklus I terdapat 14 siswa (51,85%) yang belum tuntas belajar, 13 siswa (48,15%) yang tuntas belajar, sikap siswa juga mulai terlihat dengan nilai rata-rata 62,31, begitu juga dengan keterampilan siswa mulai terlihat dengan nilai rata-rata 60,09. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu : 23 siswa (85,19%) yang tuntas belajar, 4 siswa ( 14,81%) yang belum tuntas belajar, dengan sikap mulai terlihat dengan nilai rata-rata 77,11.
Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tindakan penelitian ini berhasil karena indikator kriteria ketuntasan mencapai 85 %. Dengan demikian, maka pendekatan pembelajaran scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas I2 SD Swasta Al-Hidayah Terpadu Medan T.A 2016/2017 dan merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif, kreatif dan mampu menyelesaikan permasalahan yang diajukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 236 |
Keywords: | hasil belajar siswa; pendekatan scientific |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 11:45 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 05:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26073 |