Sihite, Windi Hastuti (2017) PERALIHAN PERMAINAN TRADISIONAL ANAK-ANAK PADA ERA MODERN DI KELURAHAN PASAR BATU GERIGIS KECAMATAN BARUS KABUPATEN TAPANULI TENGAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 3131122048 Cover.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2 Nim 3131122048 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
3 Nim 3131122048 Abstract.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4 Nim 3131122048 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
5 Nim 3131122048 Table of Content.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
6 Nim 3131122048 Table.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
7 Nim 3131122048 Illustration.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8 Nim 3131122048 Chapter I.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
12 Nim 3131122048 Chapter V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
13 Nim 3131122048 References.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui faktor-faktor penyebab peralihan
permainan tradisional ke permainan modern, (2) jenis permainan tradisional
maupun modern yang teridentifikasi, (3) persepsi orang tua tentang peralihan
permainan tradisional ke permainan modern, (4) dampak peralihan dari permainan
tradisional anak ke permainan modern. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan
data (observasi dan wawancara) dan data sekunder melalui studi kepustakaan dan
dokumentasi visual. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa permainan
tradisional dipahami sebagai sebuah permainan yang sudah lama ada yang
ditandai dengan peralatan yang masih sederhana, dimainkan secara beramairamai,
serta belum tersentuh dengan perangkat teknologi modern. Sementara itu
permainan modern dimaknai sebagai sebuah permainan yang sering dimainkan di
komputer atau perangkat lain yang bersentuhan dengan teknologi modern seperti
game-game yang ada di komputer yang juga bisa terhubung dengan koneksi
internet yakni game online atau game center dan game yang bisa terhubung
dengan media televisi dengan melalui video yakni game playstation atau rental
playstation. Perkembangan teknologi yang semakin modern saat ini turut
mengubah pilihan permainan anak-anak dari permainan tradisional beralih ke
permainan modern yang ternyata mempunyai dampak yakni mengurangi interaksi
anak kepada teman-temannya, tempat bermain semakin terbatas, mahalnya biaya
permainan, bersifat individu dan agresif, kualitas belajar menurun, kesehatan
tubuh menurun, dan menghilangkan kejujuran dalam diri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ANTRO 101 |
Keywords: | PERALIHAN, PERMAINAN TRADISIONAL, ERA MODERN |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN301 Ethnology. Social and cultural anthropology G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN406 Cultural traits, customs, and institutions |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Antropologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 11:42 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26054 |