Basra, Mutia (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS STRATEGI METAKOGNITIF MENGGUNAKAN MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP N 4 SEI SUKA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8156171018 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM. 8156171018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. NIM. 8156171018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
4. NIM. 8156171018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
5. NIM. 8156171018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8156171018 TABLES.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7. NIM. 8156171018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 8156171018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
12. NIM. 8156171018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
13. NIM. 8156171018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 2) mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, 3) mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa yang menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dan 4) mengetahui jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan penalaran matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), produk yang dihasilkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran, buku guru, buku siswa, lembar aktivitas siswa, tes kemampuan penalaran matematis dan angket kemandirian belajar. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis strategi metakognitif menggunakan masalah kontekstual ini menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-2 dan VIII-1 SMP Negeri 4 Sei Suka. Dari hasil uji coba lapangan I dan uji coba lapangan II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, 2) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis, 3) tidak terdapat peningkatan kemandirian belajar siswa, 4) jenis kesalahan jawaban yang sering dilakukan siswa adalah kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan konsep dan kesalahan mengorganisasikan data.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Bas p |
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; Strategi Metakognitif; Masalah Kontekstual; Model Pengembangan 4-D; Kemampuan Penalaran Matematis; Kemandirian Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 16:30 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26048 |