Megawaty (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSPETUAL PADA MATERI TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 15 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121038 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4133121038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
3. NIM 41331210378 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM 4133121038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. NIM 4133121038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
6. NIM 4133121038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 4133121038 TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM 4133121038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4133121038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
13. NIM 4133121038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
14. NIM 4133121038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui aktivitas yang terjadi selama mengikuti Pembelajaran dengan menerapkan model Kooperatif tipe TSTS pada pembelajaran fisika di kelas. 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di kelas. 3) Untuk mengetahui pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian adalah Two Group Pre-test-post-test Design. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik class random sampling. Instrumen penelitian berbentuk tes pilihan ganda sebanyak 15 soal dengan 5 option, dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t setelah uji prasyarat dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil nilai pretes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 31,08 dengan standar deviasi 10,55 dan nilai pretes kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 31,90 dengan standar deviasi 7,47. Hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dua pihak , diperoleh hasil bahwa data nilai pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, homogen dan kemampuan awal kedua kelas sama. Penelitian dilakukan dengan memberikan perlakuan yang berbeda, kelas ekperimen menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran Direct Interaction. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postest kelas eksperimen yaitu 70,74 dengan standar deviasi 7,93 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postest kelas kontrol yaitu 66,78 dengan standar deviasi 9,35. maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dengan model pembelajaran Direct Interaction terhadap hasil belajar siswa pada materi Teori Kinetik Gas di kelas XI SMA Negeri 15 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 120 |
Keywords: | Kooperatif tipe TSTS; Pengetahuan Konseptual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 16:29 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 10:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26036 |