Purba, Gres Harlely (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTU MEDIA PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133321062 COVER-1.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM 4133321062 LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
3. NIM 4133321062 ABSTRAK-1.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. NIM 4133321062 KATA PENGANTAR-1.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
5. NIM 4133321062 DAFTAR ISI-1.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM 4133321062 DAFTAR GAMBAR-1.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 4133321062 DAFTAR TABEL-1.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4133321062 DAFTAR LAMPIRAN-1.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4133321062 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
13. NIM 413332162 BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 4123321032 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 36 siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari (1) tes hasil belajar bentuk essai sebanyak 8 soal yang dinyatakan valid oleh para ahli, (2) lembar observasi aktivitas belajar siswa, (3) uji hipotesis menggunakan uji t α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 20,02dan kelas kontrol 21,05. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.0980dan kelas kontrol Lhitung = 0,1265dengan masing-masing Ltabel = 0.1476 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,62 dan Ftabel = 1,786 sehingga Fhitung< Ftabel , maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Nilai rata-rata postes hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 68,05 dan kelas kovensional adalah 57,33. Normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0.109dan kelas kontrol Lhitung = 0.135dengan masing-masing Ltabel = 0.1476 sehingga diperoleh Lhitung < Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,114 dan Ftabel = 1,789 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil pengujian hipotesis thitung= 3,28 dan ttabel= 1,668 sehingga diperoleh thitung > ttabel maka ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantu media PhET terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 119 |
Keywords: | Inkuiri Terbimbing; PhET; Hasil Belajar; Aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 16:29 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 09:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26034 |