Silalahi, Windi Jesica (2017) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI RUMAH DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI SMA NEGERI 1 GEBANG T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141122 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM. 7133141122 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
3. NIM. 7133141122 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
4. NIM. 7133141122 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM. 7133141122 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 7133141122 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7. NIM. 7133141122 TABLES.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
8. NIM. 7133141122 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
9. NIM. 7133141122 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
13. NIM. 7133141122 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7133141122 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Gebang T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS yang berjumlah 94 siswa dan sampel berjumlah 94 siswa yang diambil keseluruhan karena menggunakan total sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Croanbanch Alpha. Hasil perhitungan regresi berganda yang dilihat dari output SPSS 22 diperoleh persamaan regresi Y = 25,314 + 0,285X1 + 0,517 X2 + e. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis bahwa nilai t_(hitung )X1 nilai sebesar 3,481 > 1,661 dan taraf signifikan α = 0,001 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa secara parsial fasilitas belajar di rumah (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa (Y) pada pelajaran ekonomi . Begitu juga dari pengujian hipotesis uji t variabel bebas keterampilan mengajar guru (X2) mempunyai nilai t_hitung> t_tabel 7,161 > 1,661 dan taraf signifikan α = 0,000 < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa secara parsial persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa (Y). Hasil pengujian hipotesis uji F (simultan) bahwa dengan nilai F hitung > F tabel 31,318 > 3,10 dan taraf signifikan α = 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara bersama – sama (simultan) ada pengaruh fasilitas belajar di rumah (X1) dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru (X2) terhadap motivasi belajar siswa (Y). Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,408 yang menjelaskan pengaruh variabel fasilitas belajar di rumah dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 40,8%, sedangkan sisanya 59,2 % dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel penelitian ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima yang menyatakan fasilitas belajar di rumah dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran Ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Gebang T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 121 |
Keywords: | Fasilitas Belajar di Rumah; Persepsi Siswa tentang Keterampilan Mengajar Guru; Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 16:28 |
Last Modified: | 22 Sep 2017 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26032 |