Sianturi, Rut Yesni (2017) PENGARUH MASTERY LEARNING STRATEGY BERBANTU KARTU SOAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA SANTO PETRUS SIDIKALANG T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141096 COVER.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
2. NIM. 7133141096 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
4. NIM. 7133141096 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
3. NIM. 7133141096 PREFACE.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
5. NIM. 7133141096 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM. 7133141096 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 7133141096 TABLES.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
8. NIM. 7133141096 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM. 7133141096 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
13. NIM. 7133141096 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
14.NIM. 7133141096 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar yang diajar dengan menggunakan Mastery Learning Strategy berbantu kartu soal lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional siswa kelas XI IPS di SMA Swasta Santo Petrus Sidikalang T.P 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Santo Petrus yang beralamat di Jln.Parongil No.97, Sidikalang, Kabupaten Dairi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Santo Petrus Sidikalang dengan jumlah 125 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling dan simple random sampling dimana sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas. Kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 40 siswa sebagai kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan metode konvensional dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang siswa diajar dengan strategi pembelajaran Mastery Learning berbantu kartu soal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar ekonomi dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis dengan uji t dengan kriteria terima hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan.
Hasil analisis yang diperoleh nilai rata-rata prestest kelas eksperimen yang diajar dengan strategi pembelajaran mastery learning berbantu kartu soal sebesar 40,25 dengan SD = 9,737 dan nilai rata-rata postest sebesar 78,50 dengan SD = 8,022. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 37,50 dengan SD = 8,473 dan nilai rata-rata postest sebesar 69,50 dengan SD = 10,549. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 4,295 sedangkan ttabel sebesar 1,994. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,295 > 1,995 yang berarti hipotesis penelitian diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan Mastery Learning Strategy berbantu kartu soal lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode konvensional
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 120 |
Keywords: | MASTERY LEARNING STRATEGY BERBANTU KARTU SOAL; HASIL BELAJAR EKONOMI ;METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 11:45 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26025 |