Megaria (2017) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133311044 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
02. NIM 2133311044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (797kB) | Preview
03. NIM 2133311044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
04. NIM 2133311044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
05. NIM 2133311044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
06. NIM 2133311044 TABLE.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
07. NIM 2133311044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
08. NIM 2133311044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
09. NIM 2133311044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (615kB) | Preview
13. NIM 2133311044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 2133311044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan model
pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam pembelajaran
menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 15 Medan tahun
pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa indonesia kelas X dan siswa kelas
X dan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penerapan model
pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) yang dilakukan guru
dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi siswa. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Instrumen
yang digunakan adalah peneliti sendiri (human instrument). Untuk melihat
bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based
learning) yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil
observasi siswa digunakan teknik mencatat dan menganalisis. Hasil penelitian
menunjukkan penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based
learning) yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks laporan hasil
observasi siswa sudah memenuhi 9 langkah model pembelajaran dari 14 langkah
model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dengan
persentase 63%. Kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi
berdasarkan struktur dan ciri kebahasaan berada dalam kategori cukup dengan
nilai rata-rata 66,31. Kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi
berdasarkan struktur berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 71,21 dan
kemampuan siswa dalam menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan ciri
kebahasaan berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 64,4.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 104 |
Keywords: | model pembelajaran; teks laporan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Sep 2017 14:43 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26020 |