Rezeki, Ulfah Sari (2015) ANALISIS KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI KECAMATAN MEDAN AREA. Masters thesis, UNIMED.
NIM.8136181031 - 01 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
NIM.8136181031 - 02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (390kB) | Preview
NIM.8136181031 - 03 ABSTRAK.pdf
Download (71kB) | Preview
NIM.8136181031 - 04 KATA PENGANTAR.pdf
Download (63kB) | Preview
NIM.8136181031 - 05 DAFTAR ISI.pdf
Download (67kB) | Preview
NIM.8136181031 - 06 DAFTAR TABEL.pdf
Download (36kB) | Preview
NIM.8136181031 - 07 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (36kB) | Preview
NIM.8136181031 - 08 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (36kB) | Preview
NIM.8136181031 - 09 BAB I.pdf
Download (280kB) | Preview
NIM.8136181031 - 13 BAB V.pdf
Download (172kB) | Preview
NIM.8136181031 - 14 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan pedagogik guru SD Negeri di Kecamatan Medan Area dalam pelaksanaan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif non hipotesis menggunakan pendekatan survei. Sampel penelitian sebanyak 77 guru SD Negeri di Kecamatan Medan Area yang berstatus PNS dan mengajar pada kelas tinggi (kelas IV, V dan kelas VI). Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi, dan studi dokumentasi. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase.
Hasil temuan penelitian diperoleh: (1) Kemampuan kognitif guru-guru SD Negeri di Kecamatan Medan Area tentang kemampuan pedagogik guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dari keseluruhan indikator diperoleh rata-rata nilai sebesar 2,70 tergolong baik. Hasil penelitian diperoleh kemampuan guru pada indikator kemampuan memahami peserta didik, mengembangkan kurikulum atau silabus, merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, serta mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya tergolong kategori baik. Pada indikator kemampuan mengevaluasi hasil belajar tergolong kategori cukup baik. Sementara pada indikator kemampuan memanfaatkan teknologi pembelajaran tergolong kategori kurang baik; (2) Guru-guru SD Negeri di Kecamatan Medan Area, secara praktis (praktek) rata-rata memiliki kemampuan pedagogik yang tergolong baik dalam mengimplementasikan atau melaksanakan kurikulum 2013. Hasil penelitian diperoleh kemampuan pedagogik guru pada indikator merencanakan program kegiatan pembelajaran dan melaksanakan kegiatan pembelajaran tergolong kategori baik. Sedangkan pada indikator kemampuan mengevaluasi pembelajaran tergolong kategori cukup baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.1 Rez a |
Keywords: | Kemampuan Pedagogik Guru; Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 02:23 |
Last Modified: | 07 Apr 2016 02:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26 |