Hutapea, Yosefin Sari Fransenia (2017) PENGARUH MEDIA VIDEO "LAPTOP SI UNYIL" TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR OLEH SISWA KELAS VII SMP SWASTA MARISI MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2133111081 COVER.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
2. NIM 2133111081 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
3. NIM 2133111081 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
4. NIM 2133111081 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM 213311181 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM 2133111081 TABLES.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 2133111081 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
8. NIM 2133111081 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. NIM 2133111081 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
13. NIM 2133111081 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
14. NIM 2133111081 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video ”Laptop Si Unyil” terhadap kemampuan menulis teks prosedur oleh siswa kelas VII SMP Swasta Marisi Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini berjumlah 65 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling sehingga muncullah sampel VII-2 yang berjumlah 30 orang siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes essay.
Berdasarkan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh hasil kemampuan menulis teks prosedur sebelum menggunakan media video “Laptop Si Unyil” dengan kategori sangat kurang yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 52,83. Siswa yang mendapat nilai kategori baik sebesar 6,66% sebanyak 2 siswa; nilai kategori cukup sebesar 13,33% sebanyak 4 siswa; nilai kategori kurang sebesar 23,33% sebanyak 7 siswa; dan nilai kategori sangat kurang sebesar 56,66% sebanyak 17 siswa. Sedangkan hasil kemampuan menulis teks prosedur sesudah menggunakan media video “Laptop Si Unyil” dengan kategori baik yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata 79,6. Siswa yang mendapat nilai kategori sangat baik sebesar 33,33% sebanyak 10 siswa; nilai kategori baik sebesar 40% sebanyak 12 siswa; nilai kategori cukup sebesar 26,66% sebanyak 8 siswa. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis dengan thitung (9,56) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 107 |
Keywords: | media video "Laptop Si Unyil" ; kemampuan menulis; teks prosedur |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 13:45 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25986 |