Butarbutar, Dorti (2017) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA LINGKUNGAN SEKOLAH DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7132141012 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
2. NIM 7132141012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM 7132141012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
4. NIM 7132141012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. NIM 7132141012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
6. NIM 7132141012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7. NIM 7132141012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 7132141012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
9. NIM 7132141012 BAB I.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
13. NIM 7132141012 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM 7132141012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan disiplin belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelittian ini adalah sebanyak 108 orang, dengan jumlah sampel yaitu 86 orang dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus Product Moment Pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Kemudian dilakukan uji asumsi klasik, dan selanjutnya dianalisis dengan uji regresi, uji t (uji parsial), uji f (uji simultan), dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel lingkungan keluarga (X1) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0,118 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung>ttabel yaitu 3,465>1,988. Sedangkan variabel lingkungan sekolah (X2) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0,558 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung>ttabel yaitu 7,608>1,988, kemudian variabel disiplin belajar (X3) memiliki korelasi pada taraf cukup baik dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0,292 dan memiliki pengaruh signifikan karena thitung>ttabel yaitu 3,899>1,988. Sementara secara simultan variabel XI,X2, dan X3 memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan F hitung yang sebesar 142,179 yang lebih besar dari F tabel yaitu sebesar 3,11. Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan disiplin belajar memiliki determinasi sebesar 83,3% terhadap prestasi belajar, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 116 |
Keywords: | Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 31 Aug 2017 10:43 |
Last Modified: | 31 Aug 2017 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25973 |