Br. Perangin-angin, Lisna Wati (2017) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPASITION DAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMAN 11 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133141055 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. NIM. 7133141055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
3. NIM. 7133141055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
4. NIM. 7133141055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
5. NIM. 7133141055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
6. NIM. 7133141055 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 7133141055 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. NIM. 7133141055 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7133141055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
13. NIM. 7133141055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
14. NIM. 7133141055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compasition dan Course Review Horay lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X IPS SMAN 11 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 11 Medan T.P 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 11 Medan yang berjumlah 114 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang diambil dari buku ekonomi yang sudah dianggap valid. Teknis analisis data yang digunakana yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compasition Dan Course Review Horay (rata-rata =81,16, SD =8,16) lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model konvesional (rata-rata=76,33, SD=7,87). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dengan dk = n_1+n_2-2 pada taraf α = 0,05. Dari perhitungan hipotesis t_hitung= 2,33 sedangkan t_tabel= 1,67. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t_hitung>t_tabel (2,33 > 1,67) yang berarti hipotesis diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Compasition dan Course Review Horay lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X IPS SMAN 11 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 055 |
Keywords: | Hasil Belajar Ekonomi; Cooperative Integrated Reading and Compasition; Course Review Horay |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:43 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 09:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25961 |