Sagita, Nadia (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121042 COVER.PDF - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM 4133121042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
3. NIM 4133121042 BIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (31kB) | Preview
4. NIM 4133121042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
5. NIM 4133121042 PREFACE.PDF - Published Version
Download (143kB) | Preview
6 NIM 4133121042 TABLE OF CONTENTS.PDF - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM 4133121042 TABLE.PDF - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 4133121042 ILLUSTRATION.PDF - Published Version
Download (32kB) | Preview
9. NIM 4133121042 APPENDICES.PDF - Published Version
Download (33kB) | Preview
10. NIM 4133121042 CHAPTER I.PDF - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM 4133121042 CHAPTER V.PDF - Published Version
Download (125kB) | Preview
15. NIM 4133121042 BIBLIOGRAPHY.PDF - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaraninquiry training pada materi pokok Momentum dan Impuls di kelas X Semester II SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 4 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas X-MIA3 sebagai kelas eksperimen dan X-MIA4 sebagai kelas kontrol yang masing- masing terdiri dari 37 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Class Random Sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda. Sebelum tes pilihan berganda diberikan kepada siswa yang hendak diteliti terlebih dahulu tes divalidkan oleh dua orang dosen dan satu orang guru fisika(validasi isi). Selain itu, tes juga divalidkan melalui validasi ramalan, dan juga dilakukan uji reabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda terhadap tes yang akan diujikan. Uji hipotesismenggunakan uji t satu pihak. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35,14dan kelas kontrol34,41, kemudian setelah dilakukan perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaraninquiry training pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata-rata postes kelas eksperimen adalah 86,13 dan kelas kontrol 78,19. Dari hasil uji t diperoleh thitung5,06sedangkan ttabel = 1,668karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaraninquiry training terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls di kelas X Semester II SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. Dan aktivitas rataan siswa dalam dua kali pertemuan, yaitu 73%,dan78%. Dari data yang diperoleh maka ada pengaruh model pembelajaraninquiry trainingdalam meningkakan aktivitas belajar pada materi pokok Momentum dan Impuls di kelas X Semester II SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 116 |
Keywords: | Inquiry Training; Hasil Belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:43 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 07:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25958 |