Lestari, Indah (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH AUTENTIK PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4131121021 COVER.PDF - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. 4131121021 LEMBAR PENGESAHAN.PDF - Published Version
Download (341kB) | Preview
3. 4131121021 ABSTRAK.PDF - Published Version
Download (115kB) | Preview
4. 4131121021 KATA PENGANTAR.PDF - Published Version
Download (121kB) | Preview
5. 4131121021 DAFTAR ISI.PDF - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. 4131121021 DAFTAR GAMBAR.PDF - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. 4131121021 DAFTAR TABEL.PDF - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. 4131121021 DAFTAR LAMPIRAN.PDF - Published Version
Download (188kB) | Preview
9. 4131121021 BAB I.PDF - Published Version
Download (356kB) | Preview
13.4131121021 BAB V.PDF - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version
Download (113kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan mind mapping terhadap keterampilan memecahkan masalah autentik pada materi pokok suhu dan kalor di Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Medan T.A. 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah 11 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X MIPA 4 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan mind mapping dan kelas X MIPA 5 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data keterampilan memecahkan masalah auntentik dalam penelitian, digunakan tes uraian berjumlah 7 item yang telah divalidkan. Untuk memperoleh data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Dari penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 18,51 dan 16,63. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan, nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 78,17 dan 73,66. Hasil uji t di peroleh thitung = 2,833 dan ttabel = 1,67 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima. Hasil ini menggambarkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning menggunakan mind mapping terhadap keterampilan memecahkan masalah autentik di kelas X semester II pada materi pokok suhu dan kalor di SMA Negeri 5 Medan T.A. 2016/2017. Kesimpulan yang di dapat adalah penggunaan model Problem Based Learning menggunakan mind mapping terhadap keterampilan memecahkan masalah autentik lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 113 |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Mind mapping; Keterampilan memecahkan masalah autentik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:42 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 04:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25955 |