Novita, Nila (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTU MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SECANGGANG T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4131121029 COVER.PDF - Published Version
Download (73kB) | Preview
2 NIM 4131121029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
3 NIM 4131121029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
4 NIM 4131121029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5 NIM 4131121029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6 NIM 4131121029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7 NIM 4131121029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM 4131121029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9 NIM 4131121029 BAB I.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
13 NIM 4131121029 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14 NIM 4131121029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar fisika dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training berbantu Mind Mapping lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 1 secanggang T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Secanggang yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas X-IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-IPA 4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 37 orang dan kelas kontrol berjumlah 37 orang. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model Inquiry Training berbantu Mind Mapping dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa menggunakan tes pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata (uji t dua pihak dan uji t satu pihak). Setelah diberikan pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 32,84 dan kelas kontrol adalah 32,57. Selanjutnya kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model Inquiry Training berbantu Mind Mapping dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional selama lima kali pertemuan. Setelah pembelajaran pada pertemuan ke lima selesai, diberikan postes. Hasil rata-rata postes kelas eksperimen adalah 75,14 dan kelas kontrol adalah 71,89. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 4,74 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel ( 4,74 > 1,67) maka Ha diterima. Dengan uji t diperoleh bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry Training berbantu Mind Mapping lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok usaha dan energi di kelas X semester II SMAN 1 Secanggang T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 110 |
Keywords: | Quasi eksperimen; pembelajaran inquiry training; mind mapping; konvensional; hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:42 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25953 |