Simanjuntak, Tetty (2017) PENGARUH KEHARMONISAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IIS SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341110 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
2. NIM. 7133341110 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
3. NIM. 7133341110 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
4. NIM. 7133341110 PREFACE.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
5. NIM. 7133341110 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
6. NIM. 7133341110 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM. 7133341110 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
8. NIM. 7133341110 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM. 7133341110 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM. 7133341110 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
14. NIM. 7133341110 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh keharmonisan keluarga dan lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Dharma Pancasila Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga dan lingkungan tempat tinggal terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Dharma Pancasila Medan T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Dharma Pancasila Medan Jl. Dr.Mansyur No.71-C Medan Selayang T.A 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA Dharma Pancasila Medan yang berjumlah 52 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan populasi yaitu 52 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, dan angket. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Y= 25,571 + 0,417X1 + 0,523X2 berarti ada pengaruh positif dan signifikan. Apabila keharmonisan keluarga meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,417 persen dan apabila lingkungan tempat tinggal meningkat satu persen maka prestasi belajar akan meningkat sebesar 0,523 persen. Pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel keharmonisan keluarga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil thitung > ttabel (4,479 > 1,676) dengan nilai signifikansi 0,00 < α 0,05 dan lingkungan tempat tinggal juga mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil thitung > ttabel (5,857 > 1,676) dengan nilai signifikansi 0,00 < α 0,05. Hasil perhitungan statistik secara bersama-sama (uji F) menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keharmonisan keluarga dan lingkungan tempat tinggal secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil fhitung > ftabel (153,528 > 3,19) dengan nilai signifikansi 0,00 < α 0,05. Variabel keharmonisan keluarga dan lingkungan tempat tinggal memberikan sumbangan atau kontribusi sebesar 0,862 atau 86,2% terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 054 |
Keywords: | Keharmonisan keluarga; Lingkungan tempat tinggal; Prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:42 |
Last Modified: | 04 Sep 2017 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25951 |