Silalahi, Veftiana (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 BATANGKUIS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121057 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4133121057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
3. NIM 4133121057 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NM 4133121057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
5. NIM 4133121057 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM 4133121057 TABLE.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7. NIM 4133121057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
8. NIM 4133121057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4133121057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
13. NIM 4133121057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4133121057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi fluida dinamis kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan two group pretes-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batang Kuis terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan kelas XI IPA-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian berbentuk soal essay test sebanyak 8 soal yang telah divalidasi sebelumnya oleh 3 orang validator, dan lembar observasi aktivitas siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji-t setelah uji prasyarat dilakukan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 24,27 dan kelas kontrol 24,15. Dari data diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Kemudian dilakukan uji-t dua pihak, diperoleh thitung= 0,0063 dan ttabel= 1,9886, karena thitung < ttabel maka dapat dianggap bahwa kemampuan awal kedua kelas sama. Setelah itu, diberikan perlakuan pada kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan pengajaran langsung. Di akhir pembelajaran dilakukan postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 73,76 dan nilai rata-rata kelas kontrol 63,36. Kemudian dilakukan uji-t satu pihak, diperoleh thitung = 4,48 dan ttabel = 1,67 dengan α= 0,05 dan dk= 64, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada nilai rata-rata yang dibelajarkan dengan menggunakan pengajaran langsung pada materi pokok fluida dinamis kela XI semester genap SMA Negeri 1 Batang Kuis tahun pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 107 |
Keywords: | Pembelajaran berbasis masalah; Pengajaran langsung; Hasil belajar siswa; Aktivitas siswa; Fluida dinamis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:42 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 09:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25947 |