Sinaga, Febrisara Agnes (2017) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN LOCUS OF CONTROL EKSTERNAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS KELAS X ADM DI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. 7133341051 COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
02. 7133341051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
03. 7133341051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
04. 7133341051 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
05. 7133341051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
06. 7133341051 TABLES.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
07. 7133341051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
08. 71133341051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
09. 7133341051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
13. 7133341051 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
14. 7133341051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh efikasi diri dan locus of control eksternal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X ADM di SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Efikasi Diri dan Locus of Control Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis Kelas X ADM di SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jl. STM No. 12 E Kel. Kampung Baru, Kec. Medan Amplas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X ADM yang berjumlah 223 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 orang dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Untuk mengetahui Pengaruh Efikasi Diri dan Locus of Control Eksternal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis digunakan rumus regresi linear berganda dan persamaan regresi yang diperoleh Y = 52,439 + 0,443X1 - 0,083X2. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t dan uji F pada taraf signifikan alpha 5 %. Hasil penelitian dan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis dengan nilai thitung sebesar 10,340 dan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,05.(2) Tidak ada pengaruh yang negatif dan signifikan antara locus of control eksternal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dengan nilai thitung sebesar -1,356 dan nilai sig sebesar 0,181 lebih besar dari 0,05. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan locus of control eksternal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis dengan nilai F_hitung sebesar 58,965 dan nilai sig 0,000 lebih kecil dari 0,005. Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,690 atau 69 % perubahan prestasi belajar pengantar ekonomi dan bisnis dipengaruhi oleh efikasi diri dan locus of control eksternal. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri dan locus of control eksternal terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis kelas X ADM di SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 052 |
Keywords: | Efikasi Diri; Locus of control Eksternal; Prestasi Belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:41 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 09:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25943 |