PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA ERIA MNEDAN T.P 2016/2017

Siregar, Devi Darlina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA ERIA MNEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran latihan inkuiri, 2) mengetahui aktivitas siswa yang terjadi selama mengikuti pembelajaran fisika di kelas, 3) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran latihan inkuiri, 4) mengetahui pengaruh model pembelajara latihan inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretes dan postes. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 31 siswa yang ditentukan dengan teknik dengancluster random sampling. Dari analisa data untukkelaseksperimendiperolehnilai rata-rata pretes 31,9dannilai rata-rata postes74,35. Kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes34,67dannilai rata-rata postes53,06. Hasil pengujian hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X Semester II di SMA Swasta Eria Medan T.P 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 FIS 103
Keywords: Model pembelajaran latihan inkuiri; Keterampilan proses sains; Pembelajaran konvensional
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Aug 2017 14:41
Last Modified: 30 Aug 2017 09:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25941

Actions (login required)

View Item
View Item