Siregar, Devi Darlina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA ERIA MNEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran latihan inkuiri, 2) mengetahui aktivitas siswa yang terjadi selama mengikuti pembelajaran fisika di kelas, 3) mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran latihan inkuiri, 4) mengetahui pengaruh model pembelajara latihan inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretes dan postes. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas X-1 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas X-3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 31 siswa yang ditentukan dengan teknik dengancluster random sampling. Dari analisa data untukkelaseksperimendiperolehnilai rata-rata pretes 31,9dannilai rata-rata postes74,35. Kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes34,67dannilai rata-rata postes53,06. Hasil pengujian hipotesis diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap keterampilan proses sains siswa lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional pada materi pokok Suhu dan Kalor di kelas X Semester II di SMA Swasta Eria Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 103 |
Keywords: | Model pembelajaran latihan inkuiri; Keterampilan proses sains; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:41 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 09:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25941 |