Hafizha, Nurul (2017) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONTINUITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133341069 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
2. NIM. 7133341069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
3. NIM. 7133341069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
4. NIM. 7133341069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
5. NIM. 7133341069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
6. NIM. 7133341069 TABLES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 7133341069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
8. NIM. 7133341069 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. NIM. 7133341069 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
13. NIM. 7133341069 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
14. NIM. 7133341069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurang optimalnya prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) pengaruh kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) pengaruh motivasi berprestasi dan kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Medan dengan populasi sebanyak 572 siswa dan sampel sebanyak 85 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur motivasi berprestasi dan kontinuitas belajar siswa berupa angket dan untuk mengukur prestasi belajar ekonomi siswa digunakan Daftar Kumpulan Nilai ekonomi siswa kelas XI MIA semester 1 Tahun Ajaran 2016/2017. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan regresi linear berganda dan untuk menguji hipotesisnya dengan menggunakan uji-t dan uji-f dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 23.00. Hasil analisis data diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y = 14,324 + 0,558 X1 + 0,262 X2 + e. Hasil uji-t diperoleh thitung = 8,738 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh thitung=3,024 dengan taraf signifikan 0,003 < 0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh Fhitung = 54,307 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji determinasi dari R2 adalah sebesar 0,570. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : 1) ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) ada pengaruh positif dan signifikan antara kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dan kontinuitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 051 |
Keywords: | Motivasi Berprestasi; Kontinuitas Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 14:41 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 07:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25936 |