Manullang, Ica Indriyati (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STSTIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di Kelas X Semester II SMA Negeri 9 Medan T.P.2016/2017” bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar yang signifikan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Jenis penelitian adalah quasi experimen, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 33,88 dengan standar deviasi 8,67 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,94 dengan standar deviasi 7,95. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = -1.54 < 1.997 maka kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 81,25 dengan standar deviasi 4,85 dan kelas kontrol 76,11 dengan standar deviasi 4,43. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 5.14> 1.668, sehingga hipotesis diterima. Aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen juga meningkat sehingga hasil belajar siswa juga meningkat. Hal ini menyatakan bahwa ada pengaruh hasil belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada materi fluida statis kelas X semester genap di SMA N 9 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 101 |
Keywords: | Kooperatif tipe Numbered Head Together; konvensional; hasil belajar fluida statis; aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 10:02 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25935 |