Nitami, Dian (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7132142003 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 7132142003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM. 7132142003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. NIM. 7132142003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM. 7132142003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 7132142003 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7132142003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7132142003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9.NIM. 7132142003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM. 7132142003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7132142003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian inibertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Pendekatan Scientific dan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan Metode Pembelajaran konvensional dengan Pendekatan Scientific pada siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.A 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Purayang beralamat di Jalan Tengku Amir Hamzah Tanjung Pura.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansiyang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah 64 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitianini adalah Simple Random Sampling dimana kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 20 siswa sehingga jemlah sampel pada penelitian ini yaitu 40 siswa.Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen = 60 dengan standar deviasi 9,354 dan nilai rata-rata post-test siswa = 84,25 dengan standar deviasi 7,949. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 53,5 dengan standar deviasi 10,966 dan nilai post-test siswa = 73 dengan standar deviasi 9,925. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel).Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung>ttabel (3,957 > 1,682) yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk= n1+ n2 – 2 = 38. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Pendekatan Scientific lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Metode Pembelajaran Konvensional dengan Pendekatan Scientific pada siswa kelas X AK di SMK Negeri 1 Tanjung Pura T.A 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 066 |
Keywords: | Model pembelajaran quantum teaching; Pendekatan scientific; Hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 10:02 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25931 |