Sihombing, Artanti Aprida Meyun (2017) PENGARUH MINAT BELAJAR, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA ANGKASA 1 LANUD SOEWONDO MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.7133341023 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM.7133341023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM.7133341023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (316kB) | Preview
4. NIM.7133341023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
5. NIM.7133341023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6. NIM.7133341023 TABLES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. NIM.7133341023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM.7133341023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
12. NIM.7133341023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
13. NIM.7133341023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh minat belajar, cara belajar dan lingkungan belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah minat belajar, cara belajar dan lingkungan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi Siswa Kelas X SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas X SMA Swasta Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 80 orang. Sampel ini adalah seluruh populasi siswa yang hadir pada saat penelitian berlangsung dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan regresi linier berganda, uji t dan uji F.Secara simultan minat belajar (X1), cara belajar (X2) dan lingkungan belajar (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai signifikan α0,000<0,05. Secara parsial, Minat Belajar (X1), cara belajar dan lingkungan belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan taraf signifikan α0,000<0,05. Berdasarkan penerimaan hipotesis maka dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan minat belajar, cara belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Swasta Angkas 1 Lanud Soewondo Medan Tahun Ajaran 2016/2017 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 050 |
Keywords: | Minat Belajar; Cara Belajar; Lingkungan Belajar dan Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 10:02 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25927 |