Desvianita, Putri (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DIKIELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133321058COVER.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
2. 4133321058LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. 4133321058ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. 4133321058KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
5. 4133321058DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
6. 4133321058DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. 4133321058DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. 4133321058DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. 4133321058BAB I.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
13. 4133321058BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. 4133321058DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian telah dilakukan dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fluida Dinamis Dikelas XI Semester II SMA Negeri 9 Medan T.P 2016/2017” bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model Cooperative Learning berbasis Discovery Learning dan pembelajaran konvensional, dan pengaruh yang signifikan menggunakan model Cooperative Learning berbasis Discovery Learning. Jenis penelitian adalah quasi experiment, dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling. Kedua kelas yang menjadi penelitian adalah kelas eksperimen XI MIA1 dan kelas kontrol XI MIA2 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar. Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 27 dengan standar deviasi 7,14 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 24,33 dengan standar deviasi 9,53. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = 1,23 < 2,002 maka H0 diterima, berarti kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model cooperative learning berbasis discovery learning dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional, diperoleh hasil postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 78,33 dengan standar deviasi 8,24 dan kelas kontrol 72,67 dengan standar deviasi 8,68. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 2,60 > 2,002 sehingga Ha diterima. Dengan demikian, diperoleh bahwa hasil belajar siswa menggunakan model cooperative learning berbasis discovery learning lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi pokok fluida dinamis kelas XI semester genap di SMA N 9 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 097 |
Keywords: | Cooperative Learning berbasis Discovery Learning; Konvensional; hasil belajar; fluida dinamis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 28 Aug 2017 10:01 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 09:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25923 |