HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MERANCANG PENGAJARAN, PENGUASAAN MATERI, DAN PERSEPSI TERHADAP PROFESI GURU DENGAN KEEFEKTIFAN PENGAJARAN BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS DI SMP SE KABUPATEN KARO

Ginting, Kenan (2007) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MERANCANG PENGAJARAN, PENGUASAAN MATERI, DAN PERSEPSI TERHADAP PROFESI GURU DENGAN KEEFEKTIFAN PENGAJARAN BIDANG STUDI BAHASA INGGRIS DI SMP SE KABUPATEN KARO. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 045020306 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
1. 045020306 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (783kB) | Preview
[thumbnail of 2. 045020306 Abstrak.pdf]
Preview
Text
2. 045020306 Abstrak.pdf - Published Version

Download (512kB) | Preview
[thumbnail of 3. 045020306 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
3. 045020306 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (807kB) | Preview
[thumbnail of 4. 045020306 Bab I.pdf]
Preview
Text
4. 045020306 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. 045020306 Bab V.pdf]
Preview
Text
5. 045020306 Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6. 045020306 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
6. 045020306 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (667kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara: (1) kemampuanmerancang pengajaran, (2) penguasaan materi, (3) persepsi terhadap profesi guru dengankeefektifan pengajaran, dan (4) kemampuan merancang pengajaran, penguasaan materi, danpersepsi terhadap profesi guru secara bersama-sama terhadap keefektifan pengajaranbidang studi Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama (SMP).Populasi penelitian adalah seluruh guru bidang studi bahasa Inggris yang mengajardi kelas VII, di SMP se-Kabupaten Karo yaitu sebanyak 114 orang sedangkan sampelberjumlah 35 orang diambil secara acak dengan teknik undian.Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan instrumen tes penguasaan,kuesioner dan observasi dokumen. Tes penguasaan digunakan untuk menjaring datavariabel penguasaan materi dan keefektifan pengajaran, kuesioner digunakan untukmenjaring data, persepsi terhadap profesi guru dan observasi dokumen digunakan untukmenjaring data kemampuan merancang pengajaran. Instrumen penelitian ini terlebih dahuludiujicobakan untuk menentukan validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yangdigunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data dan statistikinferensial untuk pengujian hipotesis.Temuan penelitian ini adalah: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikanantara kemampuan merancang pengajaran dengan keefektifan pengajaran bidang studibahasa Inggris di SMP se-Kabupaten Karo dengan korelasi rxiy 0,98 Taraf signifikansi diukurdengan uji-t (α= 0,05) to= 28,29 > ttabel = 1,69, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikanantara penguasaan materi pengajaran dengan keefektifan pengajaran bidang studi bahasaInggris di SMP se-Kabupaten Karo dengan korelasi rx2y = 0,96. Taraf signifikansi diujidengan uji-t (α = 0,05) to 15,83 > ttabel 1,69, (3) terdapat hubungan yang positif dansignifikan antara persepsi terhadap profesi mengajar dengan keefektifan pengajaran bidangstudi bahasa Inggris di SMP se-Kabupaten Karo, dengan korelasi rx3y = 0,96. Tarafsignifikansi diukur dengan uji-t (α = 0,05) to 19,70 > ttabel 1,69, (4) terdapat hubungan yangsignifikan antara kemampuan merancang pengajaran, penguasaan materi, dan persepsiterhadap profesi guru dengan keefektifan pengajaran bidang studi bahasa Inggris di SMPse-Kabupaten Karo diukur dengan menggunakan rumus korelasi regresi ganda dengan hasilR.y123 = 0,94. Keberartian korelasi ganda diuji dengan uji F. Untuk taraf signifikansi (α0,05) Fo 83,61 > Ftabel 2,91.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 420.071 Gin h
Keywords: Penguasaan Materi; Persepsi; Profesi guru; Bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 20 Jun 2016 10:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item
View Item