Riantama, Dalianus (2017) PENGARUH DISIPLIN DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA N 2 KABANJAHE. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM.7133141013 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
02. NIM.7133141013 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
03. NIM.7133141013 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
04. NIM.7133141013 PREFACE.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
05. NIM.7133141013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
06. NIM.7133141013 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM.7133141013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
08. NIM.7133141013 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
09. NIM.7133141013 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (444kB) | Preview
13. NIM.7133141013 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM.7133141013 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya disiplin dan lingkungan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah disiplin dan lingkungan belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas kelas X di SMA N 2 Kabanjahe T.P. 2016/2017. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMA N 2 Kabanjahe T.P. 2016/2017 yang berjumlah 330 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah sampel 82 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dan angket/kuesioner. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus croanbach alpha. Uji Asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan determinasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 21.0, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 25.826 + 0.202 X1 + 0.402 X2 + e. Variabel disiplin (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig < 0.05 atau 0.000 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 3.772 > 1.666, dan variabel lingkungan belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig < 0.05 atau 0.000 < 0.05 dan thitung > ttabel dimana 8.448 > 1.666. Secara bersama-sama disiplin dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig < 0.05 dimana 0.000<0.05. Persentase disiplin dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 59.2%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara uji parsial disiplin dan lingkungan belajar masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Secara uji simultan disiplin dan lingkungan belajar masing-masing memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 047 |
Keywords: | Disiplin belajar; Lingkungan belajar; Prestasi belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:48 |
Last Modified: | 28 Aug 2017 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25895 |