Sari, Puspita (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4131121034 Cover.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2 NIM 4131121034 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (459kB) | Preview
3 NIM 4131121034 Abstrak.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
4 NIM 4131121034 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5 NIM 4131121034 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6 NIM 4131121034 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7 NIM 4131121034 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8 NIM 4131121034 Daftar lampiran.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9 NIM 4131121034 BAB I.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
13 NIM 4131121034 BAB V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14 NIM 4131121034 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi usaha dan energi di kelas X Semester II SMA Negeri 14 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment dengan two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 14 Medan yang terdiri dari 8 kelas. Sampel diambil dua kelas dengan teknik Cluster Random Sampling, kelas eksperimen yaitu kelas X MIPA 3 = 37 orang dan kelas kontrol yaitu kelas X MIPA 4 = 37 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah : tes hasil belajar, dan lembar observasi aktivitas siswa. Tes hasil belajar berjumlah 10 item dalam bentuk essai. Tes hasil belajar telah divalidasi oleh validator. Teknik analasis data yang digunakan adalah uji t pada α = 0,05. Dari hasil analisis pretes diperoleh nilai rata rata kelas eksperimen = 44,93 dengan standar deviasi 12,40 dan kelas kontrol = 40,20 dengan standar deviasi 15,39. Kedua sampel penelitian ini berdistribusi normal dan homogen. Setelah diberi perlakuan yang berbeda nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen dari pertemuan I sampai pertemuan IV adalah 80,93 termasuk dalam kriteria sangat aktif. Hasil yang diperoleh dari postes, nilai rata rata postes kelas eksperimen = 69,39 dengan standar deviasi 9,06 dan kelas kontrol = 61,89 dengan standar deviasi 10,61. Analisis perhitungan uji t diperoleh thitung=3,30 dan ttabel=1,668 (thitung> ttabel ) maka H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar akibat pengaruh menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi usaha dan energi di kelas X semester II SMA Negeri 14 Medan TP.2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 085 |
Keywords: | Usaha dan energi; Problem based learning; Hasil belajar kognitif |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 13:47 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 08:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25884 |