Sagala, Sari Kristina (2017) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 7133141099 COVER SARI KRISTINA SAGALA.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. 7133141099 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
3. 7133141099 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
4. 7133141099 PREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
5.7133141099 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
6. 7133141099 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7.7133141099 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. 7133141099 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9.7133141099 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
13. 7133141099 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. 7133141099 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Prestasi belajar dalam mata pelajaran Pengantar ekonomi dan Bisnis”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan Jalan STM No 12 E Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswakelas XI Akuntansi di SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 74 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh maka pengolahan data menggunakan regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS, diperoleh nilai koefisien regresi Pendapatan orangtua (b1) sebesar 8,703, Koefisien regresi Pendidikan Ayah (b2) sebesar 2,66. Koefisien regresi Pendidikan Ibu (b3) sebesar 0,991 dan konstanta regresi a = 68,965. Dengan menggunakan Uji t Pendapatan orangtua (X1) dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung = 4,864 > ttabel = 1,670. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pendapatan orangtua (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pengantar ekonomi dan bisnis (Y). Uji t Pendidikan Ayah (X2) dengan membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh thitung = 7,896 > ttabel = 1,670. Sedangkan Uji t Pendidikan Ibu (X3) dengan diperoleh thitung = 3,020 > ttabel = 1,670. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pendidikan Ayah (X2) dan Variabel Pendidikan Ibu (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pengantar ekonomi dan bisnis (Y).Sementara itu Uji F dilakukan dengan membandingkan antara hasil Fhitung dengan Ftabel. Diperoleh nilai Fhitung 146,730 sedangkan Ftabel dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh nilai Ftabel = 3,97 (Tabel F Statistics). Dapat diketahui yaitu Fhitung = 146,730 > Ftabel 3,97.sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Pendapatan orangtua (X1), Pendidikan Ayah(X2) dan Pendidikan Ibu (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pengantar ekonomi dan bisnis siswa (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 041 |
Keywords: | Pendapatan Orangtua; Pendidikan Orangtua; Prestasi belajar pengantar ekonomi dan Bisnis; Analisis regresi linier berganda |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 14:00 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 08:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25867 |