Siregar, Kristiani (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA SWASTA SANTA MARIA TARUTUNG T.P2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4133121028 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4133121028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
3. NIM 4133121028 APPROVAL SHEE.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
4. NIM 4133121028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
5. NIM 4133121028 TABLE .pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
6. NIM 4133121028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7. NIM 4133121028 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4133121028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM 4133121028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
13. NIM 4133121028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM 4133121028 BIBLIOOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran inquiry training lebih baik dari pembelajaran konvensional pada materi pokok Fluida Statis, 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fisika, 3) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI Semester II SMA Swasta Santa Maria Tarutung Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Santa Maria Tarutung yang terdiri dari 2 kelas paralel. Sampel penelitian ini ada 2 kelas yaitu kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA2 sebagai kelas kontrol yang masing- masing terdiri dari 31 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda. Sebelum tes pilihan berganda diberikan kepada siswa yang hendak diteliti terlebih dahulu tes divalidkan oleh dua orang dosen dan satu orang guru fisika. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak.
Hasil nilai pretes kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 29,03 dengan standar deviasi 8,21 dan nilai pretes kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 30,48 dengan standar deviasi 8,20. Hasil pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t dua pihak , diperoleh hasil bahwa data nilai pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal, homogen dan kemampuan awal kedua kelas sama. Penelitian dilakukan dengan memberikan perlakuan yang berbeda, kelas ekperimen menerapkan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata postest kelas eksperimen yaitu 72,09 dengan standar deviasi 10,78 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata postest kelas kontrol yaitu 61,29 dengan standar deviasi 11,97 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok fluida statis di kelas xi smester II SMA Swasta Santa Maria Tarutung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 078 |
Keywords: | Inquiry training; Hasil belajar; Aktivitas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 14:00 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25863 |