Nasution, Nur Fauziah Husnah (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DI TK AISYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN SIBOLGA KOTA TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8126182026 COVER.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
2. NIM 8126182026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM 8126182026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
4. NIM 8126182026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
5. NIM 8126182026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6. NIM 8126182026 TABLES.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM 8126182026 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
8. NIM 8126182026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM 8126182026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM 8126182026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM 8126182026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemampuan menyimak anak yang mengikuti pembelajaran menggunakan Big Book dengan anak yang mengikuti pembelajaran menggunakan media boneka tangan, mengetahui pengaruh kemampuan menyimak anak yang memiliki minat baca rendah dengan anak yang memiliki minat baca tinggi, dan mengetahui interaksi antara media pembelajaran terhadapkemampuan menyimak anak. Populasi penelitian ini adalah anak kelas B pada TK Aisyiyah Bustanul Athfal Sibolga terdiri dari dua kelas berjumlah 32 orang. yang di tempuh dengan Teknik Total Sampling. Instrumen penelitian untuk mengukur kemampuan menyimak dengan menggunakan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian adalah kemampuan menyimak anak menggunakan media Big Book berbeda dengan kemampuan menyimak dengan menggunakan media Boneka Tangan. Kemampuan menyimak anak yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran Big Book memperoleh skor rata-rata sebesar 31,12, sedangkan kemampuan menyimak anak menggunakan media Boneka Tangan memperoleh nilai rata-rata adalah 28,44. Kemampuan menyimak anak memiliki minat baca tinggi berbeda dengan memiliki minat baca rendah. Anak yang memiliki minat baca tinggi memperoleh nilai rata-rata kemampuan menyimak yaitu sebesar 29,33, sedangkan kemampuan menyimak anak yang memiliki minat baca rendah memperoleh nilai rata-rata adalah 30,64. Terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dan minat baca dalam memberikan pengaruh terhadap kemampuan menyimak anak. Hasil uji Anava AxB diketahui bahwa FBh=27,875 dan F0,05(1,32)= 4,150 dan 27,875>4,150.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.45 Nas p |
Keywords: | Media pembelajaran; Minat membaca; Kemampuan menyimak |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 13:59 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25861 |