Harahap, Fatimah (2017) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7132141015 COVER.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
2. NIM. 7132141015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
3. NIM. 7132141015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
4. NIM. 7132141015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM. 7132141015 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 7132141015 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 7132141015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7132141015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
9. NIM. 7132141015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
13. NIM. 7132141015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
14. NIM. 7132141015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017; (2) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017; dan (3) Pengaruh Konsep Diri dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 172 orang. Penentuan sampel ditentukan dengan teknik random sampling, yaitu 52 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sebelum angket diberikan pada sampel yang sebenarnya maka dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas, dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus regresi linier berganda, uji t parsial, uji F simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan SPSS versi 19 diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 26,196 + 0,596X1 + 0,320X2. Selanjutnya variabel konsep diri (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05) dan kemampuan berpikir kreatif (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Secara bersama-sama konsep diri dan kemampuan berpikir kreatif memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Persentase sumbangan pengaruh konsep diri dan kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 72,1%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan konsep diri dan kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 036 |
Keywords: | Konsep Diri; Kemampuan Berpikir Kreatif; Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 13:58 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 07:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25849 |