PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2016/2017

Silaban, Retta (2017) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X DI SMK NEGERI 6 MEDAN T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7131142035_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7131142035_COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7131142035_APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7131142035_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7131142035_PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7131142035_PREFACE.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7131142035_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7131142035_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7131142035_TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7131142035_TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7131142035_DAGTAR TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7131142035_DAGTAR TABLE.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7131142035_DAFTAR ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7131142035_DAFTAR ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7131142035_DAFTAR APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7131142035_DAFTAR APPENDICES.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7131142035_CAHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7131142035_CAHAPTER I.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7131142035_CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7131142035_CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7131142035_ BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7131142035_ BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh siswa masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran student team achievement division dengan make a match terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 6 Medan T.P 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan, Jl. Jambi No 23 D. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMK Negeri 6 Medan T.P 2016/2017 yang berjumlah 112 0rang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 orang. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal. Sebelum tes diberikan kepada sampel penelitian, maka tes penelitian terlebih dahulu di uji cobakan di kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 6 Medan sebanyak 30 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Tehnik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor rata-rata pre-test kelas eksperimen 62 dengan Standar Deviasi 9,61 dan skor rata-rata pre-test kelas kontrol 59 dengan Standar Deviasi 8,84 dan post-tes kelas eksperimen 81,5 dengan Standar Deviasi 7,89 dan skor rata-rata post-test kelas kontrol 76 dengan Standar Deviasi 7,47. Dengan demikian ada pengaruh kolaborasi model pembelajaran student team achievement division dengan make a match terhadap hasil belajar akuntansi siswa yang dilihat dari perbedaan hasil belajar akuntansi dalam dua kelompok belajar tersebut. Dimana hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari pada hasil belajar kelas kontrol. Kemudian ditemukan bahwa data berdistribusi normal dan juga homogen, sehingga dapat dilakukan pengujian hipotesis penelitian. Dari pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis dua beda rata-rata dengan dk=(n1+n2)-2 = 58 pada taraf signifikan α=0,05 diperoleh thitung sebesar 3,37 dan ttabel sebesar 1,671 atau thitung > ttabel (3,37 > 1,671), yang berarti hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kolaborasi model pembelajaran student team achievement division dengan make a match terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X di SMK Negeri 6 Medan T.P 2016/2017. Pada pokok bahasan Etika Profesi Akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 AKT 064
Keywords: STAD Denggan Make A Match; Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Aug 2017 15:52
Last Modified: 21 Aug 2017 01:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25841

Actions (login required)

View Item
View Item