Sihite, Enok Marusaha (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 9 MEDAN T.P. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 4133321060 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. 4133321060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. 4133321060 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. 4133321060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
5. 4133321060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. 4133321060 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. 4133321060 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. 4133321060 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. 4133321060 BAB 1.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
13. 4133321060 BAB 5.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
14. 4133321060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran latihan inkuiri terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 9 Medan Medan. Sampel penelitian ini ditentukan secara class random sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen diajar dengan model pembelajaran latihan inkuiri dan satu kelas sebagai kelas kontrol diajar dengan pembelajaran konvensional. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian sebanyak 8 soal, observasi sikap dan keterampilan. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 25,06 dan kelas kontrol adalah 23,32 sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 70,35 dan kelas kontrol 66,91. Rata-rata nilai keseluruhan sikap kelas eksperimen 74,13 sedangkan kelas kontrol 68,01. Keterampilan peserta didik di kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 74,55 atau kategori terampil. Melalui hasil uji t, thitung adalah 1,932 sedangkan ttabel adalah 1,668 pada taraf nyata =0,05 dimana thitung > ttabel (1,932 > 1,668). Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan hasil belajar peserta didik akibat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran latihan inkuiri pada materi pokok suhu dan kalor di kelas X Semester II SMA Negeri 9 Medan T.P. 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 FIS 073 |
Keywords: | Quasi experiment; Model pembelajaran latihan inkuiri; Konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 15:52 |
Last Modified: | 18 Aug 2017 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25840 |