Saragih, Hurung Jaya (2007) ANALISIS KECERDASAN EMOSIONAL GURU DALAM PELAKSANAAN TUGAS DI MAN SIBOLGA. Masters thesis, UNIMED.
1. 045030458 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
2. 045030458 Abstrak.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
3. 045030458 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
4. 045030458 Bab I.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
5. 045030458 Bab V.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
6. 045030458 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan I.untuk mengetahui Kecerdasan ErosionalGuru di MAN Sibolga, 2. Untuk Mengetahui nila-nilai KecerdasaanEmosional yang mendorong keberhasilan tugas guru di MAN Sibolga 3. Untuk mengetahui Nilai-Nilai kecerdasaan Emosional guru yang menghambat dalam pelaksanaan tugas guru di MAN Sibolga 4.Untuk memberikan alternatif dapat berupa saran pemecahan masalah terhadap hambatan keberhasilan guru di MAN Sibolga dari segi kecerdasan Emosional. Responden dalam penelitian ini ditentukan beradasarkan pertimbangan keterlibatannya dalam pelaksanaan tugas mengajar di sekolahiMadrasah, yakni Guru kemudian Kepala Madrasah Wakil Kepala Madrasah, Pengawas, Komite, dan siswa.Secara rinci jenis data yang dikumpulkan selama proses penelitian berlangsung adalah kata-kata , tindakan, cumber tertulis dan data statistik.Penelususran informasi akan dihentikan jika tidak ditemukan lagi data yang barn (jenuh)Metode Penelitian yang digunakan adala metode penelitian kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasiSclanjutnya dilakukan validasi data dengan triangulasi, penggunaan bahan referensi,mengadakan member check serta membandingkan basil wawancara dengan hasil observasi dan dokumentasi.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat kecerdasan emosional guru di MAN Sibolga masih rendah,baik dari segi Kompetensi Pribadi dengan indikator yang muncul, yakni: Guru kurang mencintai profesinya, Kurang mampu menilai dirinya sendiri, Sering bertindak kurang memperhitungkan resiko yang timbal, kurang memadainya kemampuan guru dalam beradaptasi dengan lingkungan., maupun dari Segi Kompetensi Sosial, Rasa Empati Guru MAN Sibolga yang rendah, sebab masih banyak guru yang kurang perduli terhadap upaya peningkatan disiplin dan prestasi siswa.Beberapa hal yang dapat disarankan, yakni Kepala Madrasah agar memberi kesempatan dan mendorong agar para guru dapat rnengikuti pelatihan peningkatan kecerdasan emosional yang banyak dilakukan oleh lembaga non pemerintah serta menyediakan buku-buku referensi yang bcrkenaan dengan upaya peningkatan kecerdasan emosional serta buku bacaan lain yang mampu memancing guru menampilkan kepribadian yang matang dan cerdas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.153 Sar a |
Keywords: | Guru; Sekolah; Madrasah; Kecerdasan emosional |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511 Affection. Feeling. Emotion L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2584 |