Gultom, Addo Hasian (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA CALL CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA N 1 SIMANINDO T.P 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7123341003 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
2. NIM. 7123341003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
3. NIM. 7123341003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
4. NIM. 7123341003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM. 7123341003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
6. NIM. 7123341003 TABLES.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
7. NIM. 7123341003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM. 7123341003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
9. NIM. 7123341003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
13. NIM. 7123341003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
14. NIM. 7123341003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Simanindo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write dengan media Call Cards Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IS Di SMA Negeri 1 Simanindo Tahun Pembelajaran 2016/2017”.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Simanindo, yang beralamat di jln. Gereja desa ambarita, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IS yang terdiri dari 2 kelas jumlah 50 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah total sampling sebagai kelas eksperimen kelas X IS1 dan kontrol kelas X IS2. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 soal. Test dilakukan sebanyak dua kali yaitu di awal (pretest) dan di akhir (posttest) penelitian. Sebelum test diberikan kepada sampel penelitian, maka test di uji coba terlebih dahulu SMk Swasta Karya Pendidik Balige sebanyak 30 soal. Hal ini dilakukan untuk menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisis data sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data. Dalam hal ini dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas data.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas X IS1 46,6 dengan Standar Deviasi 6,87 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan Model Pembelajaran The learning Cell = 82 dengan standar deviasi 9,35. Sedangkan nilai rata-rata pretest siswa kelas X IS2 47,4 dengan Standar Deviasi 8,67 dan nilai rata-rata postest siswa setelah menggunakan metode konvensional = 63 dengan standar deviasi 8,77. Dari analisis data yang diperoleh bahwa hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen Fhitung < Ftabel. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel(7,42 > 1,67), yang berarti hipotesis diterima pada taraf signifikan 95% atau α = 0,05 dengan dk = n+n -2 = 48. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Think Talk Write dengan media Call Cards memberi pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Simanindo T.P 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 ADP 030 |
Keywords: | Model Pembelajaran Think Talk Write; Media Call Cards; Hasil Belajar Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 15:51 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25826 |