Novianti, Nurul (2017) TELAAH SOAL DAN ANALISIS TINGKAT KESUKARAN BUTIR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP SWASTA MULIA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 Nim 2133311038 Cover.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2 Nim 2133311038 Approval Sheet.pdf - Published Version
Download (603kB) | Preview
3 Nim 2133311038 Abstract.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
4 Nim 2133311038 Acknowledment.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
5 Nim 2133311038 Table Of Content.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6 Nim 2133311038 Tables.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7 Nim 2133311038 Appendices.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8 Nim 2133311038 Chapter I.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
12 Nim 2133311038 Chapter V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13 Nim 2133311038 Reference.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Swasta Mulia Medan pada tahun pembelajaran 2016/2017. Khusus kelas VII, sekolah ini sudah menggunakan Kurikulum 2013 Edisi Revisi sebagai acuan atau dasar dalam menjalankan kegiatan pembelajaran Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kesesuaian butir soal ujian semster ganjil kelas VII SMP dengan indikator, kesesuaian isi dan bahasa dengan kaidah penulisan soal esai dan mendeskripsikan tingkat kesukaran soal yang dibuat guru. Instrumen penelitian ini ialah tabel telaah soal dan kriteria tingkat kesukaran soal. Sumber data penelitian ini adalah soal ujian, lembar jawaban siswa dan kisi-kisi soal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi dokumentasi. Menghitung tingkat kesukaran soal menggunakan cara manual. Hasil dari pengolahan data dilihat dari aspek kesesuaian soal dengan indikator menunjukkan seluruh soal sesuai dengan indikator, dari aspek isi materi, dan bahasa secara keseluruhan sudah baik namun terdapat satu soal yang harus direvisi yaitu soal nomor 8, kata bahasa diubah menjadi kebahasaan. Kemudian hasil perhitungan data tingkat kesukaran soal menunjukkan soal dengan kategori sukar berjumlah 2 soal atau 16,7% dari jumlah soal, kategori sedang berjumlah 3 soal atau 25% dan soal dengan kategori mudah berjumlah 7 soal atau 66,6%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 IND 068 |
Keywords: | Telaah Soal, Analisis Tingkat Kesukaran Butir Soal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 11:30 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 07:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25805 |