Sriyanta (2007) IMPLEMENTASI MODEL MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) PADA SEKOLAH DASAR (SD) PERCOBAAN NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 045030470 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
2. 045030470 Abstrak.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
3. 045030470 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
4. 045030470 Bab I.pdf - Published Version
Download (698kB) | Preview
5. 045030470 Bab V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
6. 045030470 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perencanaan program sekolah dalam model MBS, bagaimana pelaksanaan program sekolah dalam model MBS dan bagaimana pengawasan program sekolah dalam model MBS di SD Percobaan Negeri Medan.Penelitian ini memusatkan kajian pada: (I) Implementasi model MBS di SD Percobaan Negeri Medan, (2) Perencanaan program sekolah dalam model MBS, (3) Pelaksanaan program sekolah dalam model MBS, (4) Pengawasan program sekolah dalam model MBS di SD Percobaan Negeri Medan.Melalui metode penelitian kualitatif dimana peneliti sebagai human instrument diteniukan beberapa kesimpulan, yaitu:(1) Implementasi model MBS di SD Percobaan Negeri Medan telah berjalan dengan baik yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program sekolah, (2) Program kegiatan sekolah telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan model MBS, (3) Kepala Sekolah sebagai pemimpin instruksional telah menggerakkan seluruh personil sekolah agar termotivasi melaksanakan togas, (4) Pengawasan dilakukan melalui observasi langsung ke lapangan.Dari simpulan di atas dikemukakan beberapa rekomendasi yang pentrng sebagai berikut: pertama, kepala sekolah harus dapat mempertahankan mutu pendidikan dan proses pembelajaran berdasarkan model MBS, kedna, guru-gum di SD Percobaan Negeri Medan sebagai ujung tombak dalam keberhasilan proses pembelajaran di kelas hams terus berupaya menemukan model-model pembelajaran yang inovatif dan kreatif untuk meningkatkan mutu pembelajaran peserta didik, ketaga, pengawas sekolah dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi hams konsisten dalam melaksanakan tugasnya tertrtama dalam memberikan informasi dan bimbingan, keempat, kepercayaan komite sekolah terhadap pihak sekolah harus tetap dipertahankan agar program-program pendidikan yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan dapat terus dipertahankan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.068 Sri i |
Keywords: | Manajemen berbasis sekolah; Model; Manajemen kurikulum; Program pengajaran; Kesiswaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2580 |