Hartati (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING DAN METODE CERAMAH DI KELAS V SD NEGERI 105300 SUKA MAKMUR TA. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1132111030_COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 1132111030_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
3. NIM. 1132111030_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM. 1132111030_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1132111030_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM. 1132111030_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
7. NIM. 1132111030_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1132111030_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1132111030_BAB I.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
13. NIM. 1132111030_BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
14. NIM. 1132111030_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurangnya motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok sistem peredaran darah
manusia di kelas V SDN. 105300 Suka Makmur. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa
yang menggunakan metode Role Playing dengan hasil belajar siswa yang
menggunakan metode ceramah.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN. Suka Makmur
Kecamatan Deli Tua tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 58 orang yang terdiri
dari 30 orang siswa kelas VA dan 28 orang siswa kelas VB. Penelitian yang
dilakukan adalah penelitian eksperimen dimana terdapat dua kelompok siswa
yang diberi perlakuan berbeda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
mnggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh adalah
terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
metode Role Playing dan metode ceramah. Adapun penelitian ini dilaksanakan
pada bulan Januari sampai Maret 2017.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan metode Role Playing memperoleh nilai hasil belajar yang
relatif lebih tinggi dibandingkan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran
dengan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata siswa
pada kelas yang menggunakan metode Role Playing lebih tinggi yakni sebesar
72,33 sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas yang menggunakan metode
ceramah hanya sebesar 52,5.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode
pembelajaran Role Playing dan metode ceramah pada mata pelajaran IPA di kelas
V SDN 105300 Suka Makmur TA. 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, maka metode pembelajaran Role Playing dapat diterapkan oleh guru
sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 221 |
Keywords: | Perbedaan hasil belajar; mata pelajaran IPA; metode Role Playing; metode ceramah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 11:28 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25799 |