Silalahi, Serena Indah Pratiwi (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS III SD NEGERI 107403 PERCUT SEI TUAN DESA CINTA RAKYAT T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. COVER SERENA INDAH PRATIWI SILALAHI (NIM.1133311025).pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
02. LEMBAR PERSETUJUAN SERENA INDAH PRATIWI SILALAHI (NIM.1133311025).pdf - Published Version
Download (524kB) | Preview
03. ABSTRAK SERENA INDAH PRATIWI SILALAHI (NIM.1133311025).pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
04. KATA PENGANTAR SERENA INDAH PRATIWI SILALAHI (NIM.1133311025).pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
05. DAFTAR ISI SERENA INDAH PRATIWI SILALAHI (NIM.1133311025).pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
06. DAFTAR TABEL SERENA INDAH PRATIWI SILALAHI (NIM.1133311025).pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
07. DAFTAR LAMPIRAN SERENA INDAH PRATIWI SILALAHI (NIM.1133311025).pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
08. DAFTAR GAMBAR SERENA INDAH PRATIWI SILALAHI (NIM.1133311025).pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
08. DAFTAR GAMBAR SERENA INDAH PRATIWI SILALAHI (NIM.1133311025).pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
09. BAB I SERENA INDAH PRATIWI SILALAHI (NIM.1133311025).pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. BAB V SERENA INDAH PRATIWI SILALAHI (NIM.1133311025).pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. DAFTAR PUSTAKA SERENA INDAH PRATIWI SILALAHI (NIM.1133311025).pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama penelitian, peneliti menemukan masalah-masalah yang terjadi selama proses belajar mengajar berlangsung. Seperti kurangnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS yang dikarenakan tidak adanya teknik- teknik yang bervariasi dalam pembelajaran serta kurangnya komunikasi guru terhadap siswa, penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 107403 Cinta Rakyat. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik observasi dan angket. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian memperlihatkan motivasi belajar siswa dari awal tindakan ke siklus I dan siklus II. Pada awal tindakan sebanyak 13 orang siswa kategori rendah (40,62), sebanyak 19 kategori sedang (59,38) dan sebanyak 0 orang siswa kategori tinggi dengan rata-rata klasikal sebesar 60. Pada siklus I pertemuan 1 sebanyak 5 orang siswa yang nilai rendah (15,62%), 22 orang siswa yang nilai sedang (68,76%), dan 5 orang siswa nilai tinggi (15,62%) dengan nilai rata-rata 68. Sedangkan pada siklus I pertemuan 2 sebanyak 4 orang siswa (12,5%), mendapat nilai rendah, sebanyak 22 orang siswa (68,75%) mendapat nilai sedang dan sebanyak 6 orang siswa (18,75%) mendapat nilai tinggi dengan nilai rata-rata 72. Dan pada Siklus II pertemuan 1 diperoleh tingkat motivasi belajar siswa tidak ada ditemui (0 %) dengan motivasi rendah, sebanyak 23orang siswa (71,87%) dengan motivasi sedang dan sebanyak 9 orang siswa (28,13%) dengan motivasi tinggi, dengan rata-rata 76. Pada pertemuan siklus II pertemuan 2 tidak ditemukan siswa (0%) dengan motivasi belajar rendah, sebanyak 5 orang siswa (15,62%) dengan motivasi belajar sedang, dan sebanyak 27 orang siswa (84,38%) dengan motivasi belajar tinggi dengan rat-rata 80 dan tergolong dalam kategori motivasi belajar yang tinggi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan motivasi belajar siswa
Berdasarkan hasil dari penelitian dapat menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran IPS materi pokok Pekerjaan dengan model pembelajaran Talking Stick dapat meringankan tugas guru serta memberikan dampak positif pada aktivitas kegiatan siswa menjadi lebih aktif senang dalam pelajaran IPS yang memberikan dampak perubahan terhadap nilai siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 PGSD 223 |
Keywords: | MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA IPS MATERI POKOK PEKERJAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 11:24 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25790 |