Syahputri, Indah (2017) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4132111015 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM. 4132111015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM. 4132111015 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
4. NIM. 4132111015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM. 4132111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6. NIM. 4132111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 4132111015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
8. NIM. 4132111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
9. NIM. 4132111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
10. NIM. 4132111015 BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 4132111015 BAB V.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
15. NIM. 4132111015 DAFTR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan penalaran
matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning
lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif
tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 6 Medan T.A 2016/2017. Jenis penelitian ini
adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
VIII Semester genap SMP Negeri 6 Medan dan sampel dalam penelitian ini
adalah siswa kelas VIII-C dan kelas VIII-D sebanyak 76 siswa. Instrumen yang
digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa adalah tes
kemampuan penalaran matematis yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari
hasil penelitian yang diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen 1 dengan
model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen 2 dengan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD diperoleh skor rata-rata selisih posttestpretest
kelas eksperimen 1 sebesar 12,316 dengan simpangan baku sebesar 4,8719
dan skor rata-rata selisih posttest-pretest kelas eksperimen 2 sebesar 8,6579
dengan simpangan baku sebesar 3,7012. Hasil uji t sepihak dengan dk = 74 dan
= 0,05, diperoleh thitung = 3,6857 dan ttabel = 1,668 sehingga thitung > ttabel yaitu
3,6857 > 1,668 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa
kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran
Discovery Learning lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas VIII SMP Negeri 6 Medan T.A.
2016/2017
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 MAT 103 |
Keywords: | Discovery Learning; STAD; Penalaran Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 16 Aug 2017 11:17 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/25783 |